Penjelasan Fungsi & Pengertian Network Interface Card (NIC) Super Lengkap

by -214 views

Penjelasan Fungsi & Pengertian Network Interface Card (NIC) – Bagi kalian yang masih dalam tahap belajar untuk mengenali apa saja perangkat jaringan dan seluruh detailnya, di blog ini admin akan sedikit demi sedikit membantu menambah dan berbagi pengetahuan serta wawasan kalian melalui tulisan yang saya bagikan. Topik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai manfaat serta kegunaan & pengertian tentang Network Interface.

Manusia merupakan makhluk sosial. Hal tersebut berarti setiap orang pasti membutuhkan interaksi dengan orang lain, entah dengan cara mengobrol, sharing, curhat, bertanya, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk berbagi dan saling tukar informasi antara satu orang dengan yang lainnya.

Kasus diatas hampir sama dengan yang ada pada komputer, dimana komputer juga membutuhkan koneksi antar komputer yang lainnya melalui sebuah jaringan. Jaringan yang saya maksud disini adalah jaringan Internet. Internet akan membantu sebuah komputer untuk dapat saling terkoneksi dan bisa bertukar informasi dengan perangkat komputer yang lainnya.

Dalam bentuk interaksinya, manusia memanfaatkan organ tubuh mulut sebagai penyampai informasi kepada seseorang yang lain. Sedangkan komputer, mereka akan dapat saling terhubung jika memilki perangkat yang dinamakan NIC (Network Interface Card).

Apa Itu NIC / Pengertian Network Interface Card ?

Penjelasan Fungsi & Pengertian Network Interface (NIC) Super Lengkap

Apakah kalian tahu apa itu NIC (Network Interface Card) ?

Jika mengacu pada penjelasan diatas, NIC (Network Interface Card) bisa dikatakan sebuah perangkat yang akan membantu komputer agar saling terhubung dengan sebuah jaringan ataupun terhubung dengan antar komputer yang lain.

Sedangkan jika dijelaskan secara istilah, pengertian NIC (Network Interface Card) adalah sebuah perangkat keras jaringan yang secara fisiknya berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi dan berfungsi untuk menghubungkan setiap komputer dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC (Network Interface Card) juga memiliki beberapa istilah lain seperti Kartu Jaringan (Network Card) dan LAN Card.

NIC dipasang pada sebuah slot yang berada pada motherboard komputer. Saat ini, seluruh jenis motherboard yang diproduksi sudah mendukung slot untuk kartu jaringan (NIC) tersebut. Slot yang dimaksud biasa disebut dengan slot PCI. Keberadaan NIC ini sangat penting bagi setiap komputer sehingga tidak ada lagi alasan produsen untuk tidak menanamkan NIC di dalamnya.

NIC menggunakan port yang biasa dikenal dengan port RJ – 45. Port ini berfungsi sebagai penghubung melalui kabel ataupun wireless agar komputer tersebut dapat terhubung dengan jaringan tertentu dan juga komputer lain.

Baca Juga : 

Jenis – Jenis NIC (Network Interface Card) :

Network Interface Card / NIC terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Network Interface Logis (Logical Network Interface Card)

Logical NIC adalah NIC yang langsung tertanam pada motherboard komputer. Keberadaannya tidak dapat didefinisikan secara langsung, kita hanya bisa melihat port-nya saja, yaitu port RJ-45nya. Sedangkan board-nya langsung terhubung dengan motherboard, sehingga ketika Logical ini rusak atau bermasalah, kita membutuhkan penggantinya.

  1. Network Interface Fisik (Physical Network Interface Card)

Jika mendengar kata fisik, tentu yang pertama kita pikirkan adalah bentuknya yang terlihat secara langsung. Jika anda berpikiran seperti itu, maka benar sekali. Secara fisik, NIC jenis ini terlihat langsung dan berbentuk kartu yang ditancapkan ke slot yang ada pada motherboard (Slot PCI).

Berbeda dengan Logical NIC, board (PCB) Physical NIC bisa terlihat dan dapat di pegang secara langsung. Physical NIC ini dibutuhkan ketika Logical NIC rusak atau bermasalah, sehingga membutuhkan pengganti agar komputer tetap bisa terhubung ke jaringan tertentu.

Tugas Utama Dari NIC (Network Interface Card) :

Periferal komputer yang satu ini memang memiliki beberapa fungsi. Namun disamping itu, NIC memiliki suatu tugas yang lebih utama dibanding beberapa fungsi tersebut.

Tugas utama yang saya maksud dari Network Interface Card ini adalah mengubah aliran data paralel dalam bus pada komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media pada suatu jaringan komputer.

Apa Saja Fungsi Dari NIC (Network Interface Card) ?

Apa saja sih fungsi dari NIC ini? Dari penjelasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa fungsi dari NIC (Network Interface Card) adalah sebagai pengubah / converter aliran data yang masih berbentuk paralel menjadi aliran data yang berbentuk serial agar dapat ditransmisikan dengan jaringan lain.

Namun disamping itu, NIC memiliki beberapa fungsi lain. Apa saja fungsi lainnya itu? Fungsinya yaitu berupa fungsi secara teoritis dan secara praktis.

  • Fungsi NIC Secara Teoritis :

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari NIC secara teoritis di dalam suatu jaringan komputer :

  1. Sebagai jembatan dalam mengirim data dari satu komputer ke komputer lain

NIC / Network Interface Card memilki fungsi yang penting dalam proses pengiriman data dari sebuah komputer ke komputer lainnya. Pengiriman data ini juga merupakan tugas dan fungsi dari suatu komputer server, dimana komputer server bertugas untuk menyediakan data serta berbagai permintaan pengiriman data yang diminta oleh client atau seorang user tertentu.

Dengan adanya Network Interface Card ini, sebuah server akhirnya dapat mengolah data yang dibutuhkan oleh klien atau user yang sebelumnya diminta. Kemudian server tersebut akan mengirimkannya ke user. Jalur yang dilalui berawal dari NIC milik server, lalu diteruskan melalui sebuah kabel jaringan, dan kemudian diterima oleh NIC milik user atau client itu sendiri.

  1. Mengontrol aliran data antar komputer pada suatu jaringan yang masih menggunakan media berupa kabel

Selain menjembatani komputer dalam proses transmisi / pengiriman data, NIC juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pengontrol aliran data dari sebuah jaringan komputer, terutama yang masih menggunakan sistem jaringan berupa kabel. Ini merupakan fungsi yang amat penting, dimana NIC akan membantu menjaga agar data yang dikeluarkan maupun yang diterima tidak berlebihan / over.

Selain itu, NIC juga bisa membantu mencegah terjadinya kepadatan arus / collusion akan informasi dan juga data yang mengalir pada sebuah jaringan komputer, terutama jaringan yang telah dijelaskan diatas, yaitu jaringan yang masih menggunakan jaringan kabel.

  1. Menerima data yang dikirimkan dari komputer lain

Jika fungsi pada poin nomor 1 mengacu pada fungsi yang dimiliki oleh sebuah server di dalam jaringan komputer, maka pada poin ketiga ini merupakan fungsi dari sebuah Network Interface Card yang berada pada komputer client atau user (pengguna) tersebut.

Ketika NIC bekerja pada komputer client atau server, maka NIC berfungsi untuk menerima data dan informasi yang sudah dikirimkan oleh server di dalam suatu jaringan. Dengan begitu, setiap data yang mengalir atau dikirim akan bisa diterima oleh komputer user atau client tersebut.

  1. Mengkonversi data yang dikirim menjadi bentuk bit, sehingga bisa dimengerti oleh komputer penerima

Fungsi selanjutnya dari NIC secara teoritis yaitu melakukan konversi / pengubahan. NIC akan mengubah bentuk data pada suatu jaringan komputer menjadi sebuah bentuk bit.

Bentuk bit ini adalah bentuk yang dapat dibaca serta diolah lagi oleh sebuah komputer, sehingga data yang dikirim tersebut nantinya bisa berguna serta diolah lagi dan akhirnya bisa dibaca, baik oleh komputer penerima maupun komputer pengirim.

  • Fungsi dan Manfaat Secara Praktis dari NIC :

Selain mempunyai fungsi secara teoritis seperti yang telah dijelaskan diatas, NIC juga mempunyai beberapa fungsi lain, fungsi ini bisa dikatakan sebagai fungsi praktis.

Fungsi praktis adalah fungsi dari NIC yang mengarah pada penggunaan sehari-hari di dalam sebuah jaringan. Fungsi praktis yang dimaksud juga bisa disebut dengan istilah manfaat dari NIC.

  1. Membangun / Membentuk sebuah jaringan dan menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain

Fungsi pertama dari sebuah Network Interface Address (NIC) yaitu membangun / membentuk sebuah jaringan dengan tujuan agar beberapa komputer dapat saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. NIC akan membantu dan mempermudah komputer dalam berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lain, sehingga transmisi data dan juga arus informasi yang ada bisa dikirim lebih cepat.

Biasanya, pembangunan sebuah jaringan komputer yang menggunakan NIC (Network Interface Card) banyak digunakan pada jaringan yang masih terbatas pada area lokal (Jaringan LAN). Oleh karena itu, NIC juga sering disebut sebagai LAN Card.

  1. Mempermudah transmisi data dan informasi antar komputer pada suatu jaringan

Proses pengiriman data dan informasi akan lebih mudah dengan adanya NIC di setiap perangkat komputer. Seseorang akan bisa memindahkan dokumen dari suatu komputer ke komputer lain hanya dengan sekali klik, dan bisa mengakses data yang dimiliki oleh server yang ada pada suatu jaringan dengan mudah dan cepat tanpa harus repot mencari – cari dimana lokasi data tersebut.

Tentu saja hal ini akan sangat membantu kita dalam mempercepat pengelolaan serta manajemen data.

  1. Menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet / jaringan yang lebih luas

NIC juga berfungsi untuk mengkoneksikan jaringan yang bersifat lokal dengan jaringan Internet ataupun jaringan yang lebih luas lagi jangkauannya.

Fungsi yang satu ini bisa kita lihat pada jaringan yang ada pada warnet ataupun laboratorium sekolah, yaitu setiap komputer yang ada pada suatu ruangan tersebut bisa saling terhubung dalam jaringan lokal (Jaringan LAN) dan juga terhubung dengan jaringan internet.

  1. Mengintegrasikan komputer dengan perangkat elektronik lainnya

Pada zaman modern seperti sekarang ini, tidak hanya komputer saja yang memiliki NIC (Network Interface Card). Beberapa perangkat elektronik lain seperti tv, media player dan perangkat elektronik lainnya juga memiliki NIC di dalamnya.

Mengacu pada hal tersebut, tentu sangat memungkinkan sebuah komputer bisa terkoneksi dengan perangkat elektronik tersebut. Komputer juga dapat berperan untuk mengirimkan dan mengendalikan perangkat elektronik tersebut menggunakan koneksi dari NIC.

Baca Juga :

Manfaat NIC dalam Berbagai Bidang

Hadirnya sebuah perangkat jaringan NIC (Network Interface Card) pada sebuah perangkat komputer maupun perangkat elektronik lainnya secara tidak langsung telah membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari.

Selain beberapa manfaat dan fungsi yang telah dijelaskan di atas, NIC juga mempunyai manfaat dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa contoh manfaat NIC di berbagai bidang :

  1. Bisnis dan Perkantoran

Dalam bidang bisnis dan perkantoran, NIC telah membawa manfaat yang sangat besar. NIC berguna untuk menghubungkan komputer kantor agar terhubung dengan jaringan internet, server, perusahaan lain atau yang lainnya. Bayangkan saja jika komputer bank tidak terhubung dengan server disana, tentu saja akan sangat repot dalam menampilkan serta mengedit informasi-informasi penting yang dibutuhkan.

  1. Bidang Ekonomi

Yang kedua adalah bidang ekonomi, NIC akan membantu dalam mempercepat pertukaran data dan informasi yang dibutuhkan selama transaksi secara elektronik menggunakan komputer ataupun perangkat elektronik lainnya.

  1. Bidang Pendidikan

Kita tahu bahwa di sektor pendidikan NIC akan sangat – sangat berguna dalam penerapan kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk menghubungkan komputer dalam ruang laboratorium, pelaksanaan unbk, praktek pembuatan jaringan, dan lain sebagainya. Terlebih lagi saat ini kurikulum nasional telah memahami betapa pentingnya era digitalisasi dan komputerisasi, tentu saja konektivitas sangatlah penting.

  1. Bidang Teknologi dan Informasi

Selain diatas, manfaat NIC dari segi bidang teknologi akan membantu perkembangan teknologi lainnya, sehingga memperbesar peluang terciptanya teknologi yang jauh lebih canggih serta bisa membawa manfaat bagi banyak orang.

  1. Bidang Sosial dan Kemasyarakatan

Manfaat terakhir, yaitu dari segi bidang sosial dan kemasyarakatan. NIC akan membantu kita dalam berinteraksi dengan orang lain di dunia luar melalui media sosial yang saat ini ada.

Demikian Penjelasan Fungsi & Pengertian Network Interface (NIC) Super Lengkap



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *