Cara Root dan Pasang TWRP Recovery Redmi Note 4 / 4x Snapdragon

by -244 views

[ad_1]

MIUIPEDIA – Install Magisk dan TWRP Tanpa Ribet Dengan MipediToolKits | Sangat Mudah Memasang Custom Recovery seperti TWRP dan untuk mendapatkan Akses Penuh (Root) dengan Magisk untuk Xiaomi Tipe Redmi Note 4 / 4x Snapdragon yang memiliki codename Mido.

Untuk tujuan memaksimalkan penggunaan smartphone Xiaomi umumnya para MiFans ingin melakukan banyak perubahan mulai dari mengganti custom romnya atau menjadikan interface smartphone terlihat lebih indah, lebih stabil, overclock dan lain sebagainya sesuai yang mereka inginkan.

BACA JUGA : Browser Ringan Dengan Download Manager Seperti IDM

Salah satu caranya dengan menggunakan kostum recovery seperti TWRP dan sekaligus membuka akses penuh pengguna ke sistem smartphone tersebut.

Recovery seperti namanya adalah mode pemulihan (recovery) yang ada pada Smartphone yang biasanya dapat diakses dengan berbagai cara.

Sedangkan Root adalah istilah untuk pengguna yang dapat akses penuh terhadap Sistem.

Dari sekian banyaknya custom recovery seperti : Orange fox, Pitch black, Batik recovery, Redwolf, zcx dan lain-lain yang paling umum digunakan adalah TWRP.

Dengan Custom Recovery, kamu akan menemukan keunggulan dibandingkan dengan Stok Recovery yang hanya bisa menjalankan fungsi dasar, Berikut keunggulannya :

  • Backup dan Restore dari system, vendor, data, cache, recovery, boot, persist, bootloader, firmware, efs dan lain-lain;
  • Install ROM atau File script lainnya;
  • Mount / Umount partisi;
  • Mengubah Partisi Sistem;
  • MTP / ADB, Terminal, Reboot : Bootloader, Recovery, System, Power Off di mode recovery;
  • dan fitur lainnya.

Pada pembahasan kali ini akan mengulas Cara memasang Custom Recovery (TWRP) dengan MiPediToolkit dan sekaligus bagaimana cara membuka akses Root pada sistem smartphone Xiaomi  Redmi Note 4 / 4x Snapdragon yang memiliki codename : Mido dengan mudah.

Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Tahapan Pemasangan TWRP dan Magisk Root Xiaomi Redmi Note 4 / 4x Snapdragon [mido] dengan Mudah

Syarat dan Ketentuan :

Pastikan hal berikut ini sudah kamu persiapkan :

Penjelasan Tentang MiPediToolKits Redmi Note 4 / 4x Snapdragon

MiPediToolKits TWRP adalah Software / Aplikasi atau Toolkits yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam memasang Custom Recovery (TWRP) atau kembali ke Stock Recovery (miui recovery).

Dengan Toolkits ini kamu tidak perlu lagi memasang twrp dan atau kembali ke stock recovery secara manual, semua akan dilakukan secara otomatis dengan Toolkit ini.

MiPediToolKits TWRP Redmi Note 4 / 4x Snapdragon ini, didalam nya berisi file TWRP dan File Stock Recovery.

Changelognya sebagai berikut

TWRP 3.3.1-0 :

  • Fix selinux issues during formatting – dianlujitao
  • Various fixes for toybox and toolbox builds – CaptainThrowback and bigbiff
  • Flash both A and B partitions when installing a recovery ramdisk – Dees_Troy
  • Add option to uninstall TWRP app from /system – Dees_Troy
  • Create digest for subpartitions – bigbiff

Stock Recovery :

  • Stock Recovery dari ROM Global Stabil dengan versi Recoverty_Mido_V10.2.3.0.NCFMIXM

Didalam MiPediToolKits TWRP Redmi Note 4 / 4x Snapdragon terdapat dua opsi :

  1.  install TWRP Redmi Note 4 / 4x Snapdragon [mido]
  2.  mengembalikan stock recovery

Berikut Screenshot Mipeditoolkit Redmi Note 4 / 4X Snapdragon

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 4 / 4x Snapdragon

Apa itu TWRP?
TWRP (Team Win Recovery Project) adalah salah satu Custom Recovery yang digunakan untuk mereka yang ingin memiliki akses yang lebih dari stock recovery ( recovery bawaan ).

Matikan daya smartphone terlebih dahulu.
Kemudian beralih ke mode fastboot dengan cara menekan tombol kombinasi volume bawah terlebih dahulu kemudian dengan menekan tombol  power secara bersamaan sehingga nantinya akan menampilkan gambar MIUI BUNNY, atau baca tanpa tambol masuk ke mode fastboot.

Jangan lupa ekstrak  terlebih dahulu tools  MiPediToolKit TWRP Redmi Note 4 / 4x Snapdragon di komputer kamu, dapat menggunakan software 7zip, WinRAR  atau yang lain.

Pastikan kamu sudah menginstall All Driver USB Xiaomi agar driver perangkat smartphone terdeteksi dengan baik.

Hubungkan kabel data USB dari perangkat smartphone Xiaomi Redmi Note 4 / 4x Snapdragon [mido] ke komputer.

Jalankan tool kits tersebut  dengan mengklik “MiPediToolKit TWRP Redmi Note 4 / 4x Snapdragon [mido].exe” masukan password = miuipedia.com

Selanjutnya ikuti perintah yang ada di tool kits tersebut, menggunakan keyboard  ketik angka [1] untuk install TWRP  dan ketik angka [2] untuk mengembalikan Stock Recovery dan ingat pastikan terlebih dahulu kode device [code name] atau tipe smartphone Xiaomi kamu “apakah sesuai dengan TWRP yang akan di install?”

Selanjutnya lihat pada bagian “Cek Status Bootloader Perangkat” pastikan Device unlocked: “True” bukan “False” ikuti perintah yang ada di layar hingga selesai. apabila sukses secara otomatis perangkat akan beralih dari mode Fastboot ke mode Recovery.

Tips!
Apabila setelah sukses Install/Flashing recovery terjadi 0 MB atau meminta password coba dengan cara ini Mengatasi TWRP Minta Password dan Memori Internal 0 MB tanpa PC cara ini akan menghapus data yang ada di penyimpanan internal, namun coba terlebih dahulu mengembalikan recovery seperti semula dengan memilih opsi menu nomor [2] apabila sistem penyimpanan dapat di akses kembali bukan 0 MB lakukan backup pada data yang kamu anggap penting dan ulang kembali proses install TWRP

Cara Mengatasi Bootloop setelah sukses memasang TWRP

Jika kamu menggunakan Custom ROM Berbasis AOSP, CAF atau lainnya.. kamu dapat melewati langkah ini dan langsung melanjutkan proses root jika ingin mendapatkan akses penuh terhadap smartphone.

Namun Jika kamu menggunakan ROM MIUI, Setelah sukses memasang TWRP jangan reboot dulu

Lalukan Flash DisableForceEncrypt karna jika tidak kamu akan mengalami stuk di logo / bootloop, Caranya Masuk ke menu INSTALL, cari File DisableForceEncrypt yang telah didownload tadi.

Setelah ditemukan pilih “swipe to confirm flash” secara otomatis proses install sedang berlangsung.

Baca Juga : Mengenal apa itu DM-Verity, Force Encrypt dan OPT Encrypt

Nah jika sudah selesai kamu dapat melakukan reboot ke system atau.. melakukan tahap selanjutnya yaitu Proses Rooting pada Xiaomi Redmi Note 4 / 4x Snapdragon ini.

Silahkan Lihat caranya dibawah ini.

Cara Install Magisk Root Xiaomi Redmi Note 4 / 4x Snapdragon

Apa itu Root?
Root pada android adalah merupakan proses mendapatkan ijin akses ke semua subsistem di dalam sistem android baik itu smartphone, tablet atau perangkat android lainnya yang bertujuan mendapatkan akses penuh atau lebih dikenal dengan “akses root”.

Untuk Root dengan Magisk, Pembahasannya sudah pernah dibuat kalian bisa baca Cara Root Magisk Dengan TWRP atau Cara Root Magisk Tanpa TWRP.

Cek Status Root

Setelah Tahapan Memasang Magisk untuk mendapatkan akses ROOT, Selanjutnya adalah dengan mengecek apakah sudah ter-root / Mendapatkan akses Penuh dengan menggunakan aplikasi RootChecker.

Pastikan hasilnya seperti dibawah ini…

Peringatan!
Segala resiko yang diakibatkan selama proses install ditanggung pengguna.

Semoga Artikel Tentang Cara Root dan Pasang TWRP Recovery Redmi Note 4 / 4x Snapdragon ini bermanfaat untuk kalian semua..

Misalnya ada pertanyaan terkait artikel ini, atau sebuah usulan untuk pembahasan (artikel) di situs ini, silahkan hubungi kami.

Juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, Jangan lupa follow kami di twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.



[ad_2]

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *