Cara Memasang Google Camera HDR+ untuk Android Marshmallow 6.0 Redmi Note 3 Pro [ Kenzo ]

by -189 views


MIUIPEDIA Google Camera HDR+ untuk Android Marshmallow 6.0 Redmi Note 3 Pro [ kenzo ] | Google Camera atau biasanya disingkat Gcam Ternyata dapat di install atau di pasang di Redmi Note 3 Pro ( Kenzo ) dengan ROM MIUI Global atau Cina, Stabil ataupun Beta Dengan versi Android Marshmallow 6.0.+ MIUI 10 , MIUI 9 ataupun MIUI 8.

Pada dasarnya Google Camera hanya bisa digunakan untuk perangkat besutan Google seperti Google Nexus, Pixel dan Hardware tertentu seperti Processor Qualcomm (Snapdragon), Namun melalui Modifikasi Gcam ini dapat berjalan dengan baik di ponsel non-google.

Seperti Gcam HDR+ versi Final untuk Kenzo ini yang berasal dari hasil Porting / Mod oleh user bernama serjo87 hasil dari mod nya sangatlah keren dan fitur utama seperti efek Bokeh ( Portrait ), HDR+ Dan lain lainnya berjalan baik di Redmi Note 3 Pro dengan code name Kenzo.

Namun Karena Redmi Note 3 Pro ROM aslinya yaitu MIUI 10 dan berhenti di Android versi 6.0.1 ( Marshmallow ) kamu tidak akan bisa menggunakan efek portrait atau biasanya disebut dengan Bokeh karena untuk menggunakan fitur Blur tersebut kamu harus minimal berada di Android Naugat.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan Custom ROM, untuk penjelasan lebih lengkapnya admin akan bahas di artikel selanjutnya.

Gcam HDR+ untuk Redmi Note 3 Pro [ Kenzo ] Android 6.0

Jadi Apa saja keunggulan Fitur Google Camera HDR+ versi Final untuk si Kenzo ini ??  ini dia!! dibandingkan dengan Aplikasi Kamera bawaannya :

  • HDR+, meningkatkan Kualitas foto, ini peningkatan dari kualiatas HDR ( bukan Plus ‘+’ ) , Dengan menggabungkan beberapa foto agar tidak gelap, yang memiliki manfaat tambahan warna dan meningkatkan ketajaman foto dengan mengorbankan Gambar yang kurang efektif.
  • Photo Sphere, fitur ini sama seperti penjelasan panorama yang berbeda adalah dengan Photo Sphere gambar yang di ambil akan menghasilkan Foto panorama 360° (derajat) seperti gambar yang google ambil untuk aplikasi google street view
  • Panorama, fitur ini memungkinkan foto yang di hasilkan menjadi lebar dan gambar yang diambil dari keseluruhan area
  • Lens Blur, bisa dibilang fitur ini adalah fitur bokeh terdahulu yaitu untuk mendapatkan efek bokeh ( objek gambar terlihat tajam namun background ngeblur ) dengan kelemahan kamu harus melakukannya dengan manual, berbeda dengan fitur penggantinya yaitu mode potrait

Gcam adalah aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google, Pada awalnya aplikasi ini dapat berjalan di semua perangkat Android dengan versi Kitkat 4.4 atau versi lebih tinggi. Dirilis ke publik dan tersedia di playstore Pada 16 April 2014, Tetapi sekarang hanya resmi didukung pada Google Nexus dan Pixel dan dihapus dari Playstore / Publik pada 17 Feb 2016.

Cara Memasang GCAM di Redmi Note 3 Pro

Adapun Syarat Dan Ketentuannya :

Mengaktifkan Camera2 API dan Memasang Gcam 

Application Programming Interface atau disingkat dengan API, Penjelasan yang dikutip dari wikipedia singkatnya adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh pengembang saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu.

Google memperkenalkan Camera2 API ( dibaca Camera versi 2 ) untuk fungsionalitas yang lebih canggih kepada pengembang aplikasi kamera, Seperti eksposur manual ( ISO, Kecepatan rana), Fokus, Tangkapan RAW dll.

Camera2 API pertama kali di usung di versi Android 5.0 ( Lollipop ).

Kebanyakan pada beberapa ponsel Camera2 API ini dikunci atau tidak aktif, untuk itu jika kamu dalam posisi Camera2 API Terkunci, maka kamu harus membuka atau mengaktifkannya terlebih dahulu.

Jika tidak, dan kamu tetap memaksakannya untuk memasang Gcam maka hasilnya akan seperti di gambar dibawah ini.

kamu bisa Download Camera2 API Check untuk mengetahui apakah Camera2 API sudah aktif atau belum.

dan jika belum kamu bisa Download dan pasang Camera2 API Enable via magisk.

Pastikan kamu telah memasang Magisk.

  • Masuk Ke Magisk Manager
  • Klik Tab Modul
  • Klik Logo “+” dan Pilih Modul yang di download tadi
  • Klik Reboot
  • Dilanjutkan dengan install APK Google Camera seperti biasa

Setelah selesai Reboot silahkan buka Kembali Aplikasi Camera2 API Check, apakah sudah aktif ? jika Sudah silahkan install dan buka kembali Gcam dan lihaaat hasilnyaa.. taaadaaa…

Dan untuk pemasangan aplikasi Gcam kamu dapat memasangnya seperti biasanya dengan menggunakan file berformat  “apk” dan jangan lupa mengaktifkan “Sumber tidak di kenal” di pengaturan ponsel.

Settingan yang Terbaik untuk Gcam Kenzo Versi Saya

Pengaturan berikut ini merupakan pengaturan yang terbaik yang dapat kamu terapkan di Redmi Note 3 pro a.k.a Kenzo versi Google Camera Final untuk Rom MIUI Android Marshmallow 6.0.

Dan pastinya dengan pengaturan ini kamu tidak akan sering mengalami seperti Force Close, aplikasi struck atau hang, dan atau aplikasi tertutup sendiri, Camera / Kamera tidak terpasang, atau kamera error.

Hanya sedikit yang perlu di ubah, berikut adalah pengaturannya :

  • ubah HDR+ parameters menjadi Medium
  • dan Final jpg quality HDR+ menjadi 100%

Bukan berarti pengaturan diatas dapat dijadikan patokan, kamu dapat menyusaikannya dengan keinginan kamu sendiri.

Seputar Tips dan Trik Cara Mengatasi Masalah pada Gcam

Cara Merekam video 4K di Gcam

  • Buka Gcam dan Buka menu settingan
  • Resolution & Quality 
  • Dan pilih Back Camera Video
  • Pilih kualitas UHD 4K


Baca Juga : Cara Merekam video 4K dengan Mode 60FPS

Cara Mengatasi Kamera Depan Warna Hijau di Gcam (Fix Green)

Pada saat pengambilan gambar dengan kamera depan foto yang dihasilkan berwarna hijau, pada awalnya saya mengira bahwa kamera saya rusak atau ponsel saya tidak cocok dengan versi yang Gcam saya gunakan.

Ternyata tidak, yang salah adalah pengaturan yang ada pada aplikasi Gcam tersebut.

Seperti Gambar diatas, gambar yang ada disebelah kiri adalah gambar sebelum di fix green

dan gambar sebelah kanan adalah gambar yang setelah di fix green.

untuk cara fix green atau warna hijau bisa lihat dibawah ini.

  • Masuk Ke Settingan Gcam
  • Pilih Advanced Settings
  • Gulir / Scroll sampai ke bawah, dan cari tulisan Black Level Value
  • Ubah menjadi 16

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bantu share kepada orang lain, agar orang lain juga merasakan manfaat yang sama.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami Twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *